Bengkel resmi tangani rekondisi motor tarikan

Pagi masbro, apa kabar?? Semoga baik dan semangat di Senin ini.
Bengkel resmi, memang tidak melulu mengerjakan perawatan alias maintenance alias tune up motor pabrikan tertentu. Contoh paling gampang,  AHASS, bengkel resmi Honda, seringkali ketemu juga melayani service/tune up motor merk lain. Demikian juga bengkel resmi Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan lain-lain. Entah itu di luar prosedur atau bagaimana, saia nggak tahu persis. Lha wong saia orang biasa kok, bukan orang pabrikan, jadi ya mana tahu SOP-nya 😆
Nah, pas service V110FI di be-res, yang akhirnya ketemu rangka misteriusdisini, ndilalah kok juga melihat beberapa mekanik, dibantu siswa PKL, sedang mempreteli dan memperbaiki beberapa matic Honda, Satria FU dan Yamaha Vixion. Saia dekati dan ngobrol-ngobrol jagongan, sambil nunggu motor diservice. Ada sebiji V125FI dan BeatFI yang sudah dalam kondisi pretelan body-nya, sedang dicuci.

Jpeg

Juga si FU, segelondong mesinnya raib, alias gak ada. Saia tanya, kok kondisinya protolan beberapa unit itu. Si mekanik, sambil kerja menjelaskan, kalo unit yang mereka kerjakan itu merupakan kendaraan tarikan leasing. Oooh..ternyata. Kendaraan tarikan leasing, yaitu dari hasil tarikan konsumen yang nakal-menunggak, direkondisi hingga keadaan fresh, siap pakai.
Biasanya, nih biasanya lho ya, kendaraan tarikan leasing kebanyakan dilelang atau dijual kembali, dengan keadaan seadanya. Kalo pas yang mulus, ya rejeki. Kalo yang nggak, kadang body mulus, tapi mesin oplosan, alias hancur 😆
Nah, unit yang direkondisi di be-res ini, menurut mekanik tadi, direkondisi semaksimal mungkin. Part body yang rusak diganti baru, sehingga utuh kembali, lengkap berikut stripingnya. Kemudian, untuk sektor mesin, sama juga, part yang rusak-entah dikanibal pemilik lama atau emang rusak-diganti baru, sehingga fungsinya normal dan maksimal. Pokok-e siap pakai, mirip-mirip motor baru lah 😆

V125FI 2015 :mrgreen:

V125FI 2015 :mrgreen:

Contoh diatas, Vario 125FI 2015 ini, mesin masih juos, cuma part body beberapa baret-baret, abis jatuh kayaknya.

Nah, trus kalo yang motor merk lain gimana? Ternyata, untuk mesin, dikirim ke bengkel resmi pabrikan yang bersangkutan. Kemudian, soal part body dan lain-lain, beli di be-res pabrikan sebelah, kemudian, baru saat perakitan dan pemasangan, bengkel ini yang melaksanakan. Wih, rada ribet yak? Nggak juga, wong kenalan banyak kok, kata si mekanik sambil cengengesan :mrgreen:
Iseng saia tanya, gini ini jualnya gimana? Apa lewat be-res, atau kembali ke leasing? Ternyata, kembali ke leasing, mereka hanya melakukan tugas rekondisi aja. Selesai. Hem, tanpa sebut nama leasing, saia rada terkesan juga dengan sistem mereka. Membuat kendaraan jadi 100% berfungsi, juga penampilan mulus. Gimana nggak, wong rata-rata masih keluaran baru. Tertua yang saia tanya, keluaran 2014 :mrgreen:
Semoga berguna.

12 comments on “Bengkel resmi tangani rekondisi motor tarikan

  1. kerjaan saya dulu itu waktu masih dileasing… lelang motor2 tarikan.. kadang sampe nangis bikin laporannya… karna harganya ancur2an… motornya juga ancur2an…

    Like

    • nah, itu kang. saia tanya ke mekanik kenalan yang ngerjain, lha kok katanya, setelah kinyis-kinyis, balik ke leasing, leasig yang njual. embuh piro-nan…suk nek mrunu neh tak golek info 😆

      Like

Leave a comment