Impresi awal Vario 110 FI, ABS-nya (1)

Oke, dari fitur-fitur dulu ya masbro. Salah satu yang bikin skutik ini saia nilai cukup sebanding dengan duit yang kita keluarkan buat nebus adalah fitur. Setau saia, setidaknya AHM menancapkan lampu LED sebagai headlight, Side Stand Switch (SSS), Combi Brake System (CBS) dan Answer Back System (ABS).
SSS dan CBS mungkin dah jamak dibahas di blogsphere, juga LED headlight. Nah, kali ini saia bahas ABS-nya ajah alias sistem pencari posisi motor.
Sistem ini, kalo saia pikir-pikir, adalah versi downgrade dari alarm+remote Honda PCX. Kenapa downgrade?? Lah yang diambil cuma fungsi ABS-nya ajah, fungsi alarm-nya disunat. Ya iya-lah, wong kakaknya yang lebih mahal Vario 125 ajah gak pake kok, hehehe..
alarm pcx2
kayak gini nih remote punya Honda PCX

Secara fungsi, lumayan membantu kayaknya, kalo pas di parkiran nan padat. Mungkin antisipasi juga kali, sapa tahu ini skutik booming, laris manis, trus banyak yang make di parkiran. Kan susah bedain tuh, jadi bingung. Nah, kalo pake fitur ini, gampang cari punya sendiri, hehehehe IMHO lho
Tinggal dipencet, ada suara buzzer dan sein berkedip dua kali dari motor. Hemm, kalo yang gak tau, mungkin dipikir ada alarm-nya nih motor.
setel-arlm2

Untuk setting remote ini, ada beberapa pengaturan. Pengaturan mode senyap/silent, pengaturan volume dan pengaturan jenis bunyi. Jalan pintas ke mode silent, sangat mudah. Tinggal pencet dan tahan tombol di remote selama 2 detik, ditandai dengan berubahnya warna LED di remote, dari hijau ke merah. Kalo berubah hijau ke merah, masuk mode silent. Demikian sebaliknya.
Nah sekarang, pengaturan volume buzzer. Dari yang saia coba, ada 3 tingkat volume kalo gak salah ingat. Keras, sedang, dan pelan. Terakhir gak bunyi alias senyap. Cara penyetelan/setting : Putar kunci kontak ke ON, kemudian tekan tombol di remote 2 kali. Lalu OFF-kan kunci kontak lagi. Ulangi langkah ini 3 kali. Jangan sampai salah putar kunci ke posisi SEAT, karena dekat banget tuh, posisi OFF dan SEAT.
Oke, setelah selesai mengulangi langkah diatas selama tiga kali, kembali ON-kan kontak. Tekan-tekan tombol remote untuk mencari volume yang sesuai keinginan.
Masuk ke pengaturan jenis bunyi. Langkahnya hampir sama, diulangi 3 kali :mrgreen: Tapi, bedanya, pas menekan tombol remote 3 kali. Jadi detilnya, ON kunci kontak, tombol remote dipencet 3 kali, OFF-kan kontak. Prosedur diulang 3 kali. Setelahnya, kembali tekan-tekan tombol remote untuk mencari mode bunyi yang diinginkan. Kalo tidak salah ingat, ada 3 mode bunyi, beep-beep panjang, beep-beep pendek dan beep-beep-beep 3 kali.
Sudah mudeng?? Monggo, dicoba dulu, sesuai keinginan para pemilik Vario 110 FI… dan semoga berguna

maaf, gambar dari google, lupa ambil gambar. Jadi gambar nanti diganti kalo udah ada :mrgreen:

12 comments on “Impresi awal Vario 110 FI, ABS-nya (1)

  1. kemarin sempat juga test vario ini, secara keseluruhan sangat nyaman, termasuk ketika combi brake dicoba pas diturunan tajam. cuma keluhan ada di dek yang agak tinggi karena pemasangan aki di dek. cukup merepotkan jika rider cowok yang kakinya panjang, dijamin dengkul nggak nyaman πŸ˜€

    Like

    • nah, betul itu pak, paling cocok ya buat kaum hawa, dengan dimensi 150-165 cm-an
      saia 183, kaki juga mentok dek πŸ˜†

      Like

Leave a comment