Minerva X-Road 150 S @Malang

Pulang kantor agak siang selama Ramadhan ini, iseng mampir sebentar ah di dealer Minerva Malang. Soalnya pas berangkat tadi, liat si ‘teralis’ ala Minerva dipajang di depan dealer.

Meggy saia parkir di depan dealer, bersebelahan dengan si ‘teralis’ X-Road 150S. keliatan keren dan garang, apalagi disangga sama standart paddock ala balap, bukan standar aseli-nya.
Begitu masuk, disuguhi pemandangan indah. Bukan hanya mbak SPG-nya lho :mrgreen: , tapi juga deretan produk Minerva tipe sport alias batangan, Kayak R150VX, Megelli RV250ME, RV250SE dan RV250 RE. Gak tau juga nih, kok cuman si Madass aja yang gak keliatan.

Si mbak ngajak ngobrol sambil ngasih brosur plus daftar harga, sementara saia masih liat-liat si teralis. Widih, ternyata OTR (on the road) Malang dibanderol IDR 15.900.000,-. Beda ya harga daerah sama DKI yang OTR 14jutaan. Maklum, pajak,BBN plus tetek bengek lain bikin harga melambung diatas harga normal CMIIW
Kembali ke teralis. Liat penampakan, terkesan garang en kekar. Sokbreker teleskopik depan gambot juga ternyata. Dari pandangan mata, sama kayak sok depan Byson. Nah, kalo spidometer nih yang persis banget sama Byson, beda warna lampu aja kayaknya.
Beralih ke tangki yang gede banget. Ternyata kapasitas BBM mencapai 17 liter, plus 1 liter cadangan. Busyet, bisa jarang-jarang mempir ke SPBU nih kalo abis isi full, cuman bikin geleng-geleng pas ngisi penuh dari kondisi kosong. Premium 17 x IDR 4.500 alias IDR 76.500. Lumayan…
Mesin 150cc, SOHC, berpendingin oli (oil cooler), mampu mengeluarkan tenaga maksimum 9,5kw/9500 rpm dan torsi 10,5 Nm/7000 rpm. Ban gambot, melingkari velg depan-belakang. Tipe dan ukuran sama persis Byson, IRC Roadwinner, 110/70 buat depan, en 130/70 buat belakang.
Yang mencolok banget adalah ‘sasis teralis’ dan knalpot undertail-nya. Kalo monosok sih biyasa aja deh…
Eh, si mbak kayaknya gak begitu mudeng soal dagangannya ini. Pas saia nanya rangka teralis logam yang dicat merah itu asli rangka atau variasi. Si mbak jawab itu rangka kok mas, bukan variasi alias tempelan. Walah mbak, wong jelas-jelas dibaut gitu ke rangka…

Soal knalpot undertail, katanya dijamin gak bikin, maaf, bokong kepanasan buat yang mbonceng di belakang. Kalo penilaian pribadi saia nih, masih kurang deh peredamnya. Cuma ada alumunium peredam (kayak di balik kap mesin mobil) yang melapisi bodi belakang bagian bawah. Gak tahu juga sih, mungkin cat silencer juga mengurangi panas di knalpot. Lha belum pernah nyobain…

Varian warna yang ready stock, warna hitam (teralis merah), warna silver (teralis hitam) en warna merah (teralis hitam)
Buat yang pengen tampil beda, dipersilaken meminang nih X-Road 150..

20 thoughts on “Minerva X-Road 150 S @Malang

    • masalahnya, mo kanibal unitnya aja jarang banget a.k.a langka -)
      belom tau sih kalo beli spare-part langsung ke mimin-nya..

      Like

    • iya masbro..meski ducati ratusan juta, tetep aja sama kayak motor lain, roda 2 en buat bawa 2 orang maksimal :mrgreen:

      Like

  1. Sudah 2.000-an km saya pake X-Road, top speed baru berani 102 km/jam (ketemu lampu merah). keluhan cuma petunjuk bensin doang yang ngaco.

    Like

    • di jakgung suprapto kalo gak salah mas..pokok-e, kalo dari utara (arjosari) kiri jalan sebelum eks Mitra 2..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s