Plat nopol putih…bantuan atau???

Sudah pada tahu kan, soal plat nomor bantuan alias sementara? Itu tuh, plat nomor kendaraan, dengan warna dasar putih dan huruf/angka warna merah.

Menurut wikipedia http://id.wikipedia.org/wiki/Tanda_nomor_kendaraan_bermotor
“Kendaraan bermotor untuk transportasi dealer (pengiriman dari perakitan ke dealer, atau dealer ke dealer): warna dasar putih dengan tulisan berwarna merah.”
Nah, kalo merujuk ke pengertian sebenarnya, plat nomor ini hanya diperuntukkan saat pengiriman kendaraan, (biasanya mobil) dari bengkel karoseri/perakitan ke dealer (bila tidak ‘digendong’ atau diangkut truk), dari dealer – ke dealer dan juga beberapa untuk unit test drive.
Nah, beberapa hari lalu, beberapa kali saia lihat ada sepeda motor, yang pakai plat nomor macam ini. Nih salah satunya..maaf kalo gak jelas..

Kalo lihat dari masa berlaku-nya, yang berkisar 1 bulanan, sepertinya plat ini memang sementara (a.k.a bantuan?? CMIIW). Yaitu supaya kendaraan bisa dipakai, sambil menunggu plat nomor asli jadi. Yang jadi pertanyaan,
Pertama : Apakah memang ada kebijakan resmi dari kepolisian/samsat untuk pemakaian plat nopol bantuan ini?
Kedua : Apakah tidak menyalahi peruntukan sebenarnya dari sang plat nomor berwarna putih ini?

Bila ada yang bisa mencerahkan, monggo dishare disini…supaya bermanfaat bagi semua..

21 thoughts on “Plat nopol putih…bantuan atau???

  1. Punya saya juga warna putih platnya. Itu masa berlaku 2bulan. Ada STCK (Surat Tanda Coba Kendaraan) juga. Jadi itu dah resmi,dan dapat izin dari kpolisian.

  2. ada 2 macam plat nomor ompang yang di keluarkan dealer, yaitu yang normal berwarna hitam dengan tulisan putih di keluarkan dari polda dan masa berlaku 2 minggu biayanya 100 ribu/2minggu, sedangkan yang dikeluarkan samsat berwarna putih merah dengan masa berlaku 1 bulan 150 ribu/bulannya.
    informasi ini di dapat langsung dari dealer honda langsung

    • kayaknya gak masalah deh masbro, asal gak expired ajah…kan biasanya palt ini cuma berlaku 1-3 bulan ajah

  3. Pada dasarnya no pol bantuan alias TNKB (tanda nomer kendaraan bermotor) bantuan (berwarna dasar hitam dan tulisan putih) dan TNCKB (tanda coba nomer kendaraan bermotor, berwarna dasar putih dan tulisan merah) tidak dapat dipakai oleh kendaraan milik perseorangan untuk turun ke jalan raya.
    Kalo konangan sama Pak Polantas yang iseng (dibaca: tegas) kemungkinan bisa di TILANG dan tindakan mereka dilindungi secara hukum. Dasarnya:
    1. no pol bantuan (plat hitam) melanggar UU No. 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 68 ayat 1 ( baca sendiri yaa detilnya di UU tsb.) yg isinya kurang lebih: setiap Kendaraan Bermotor yang turun ke jalan harus dilengkapi STNK dan TNKB. Dan No pol bantuan yg diberikan oleh dealer hanya dilengkapi secarik kertas yang berjudul Surat Keterangan walaupun di cap dan ditandatangani oleh pejabat dari Polda setempat. Dan ingat surat itu bukan STNK.
    2. TNCKB (plat putih) bila kita pakai untuk turun kejalan sambil menunggu STNK jadi, ini melanggar UU No. 22/2009 pasal 69 ayat 2 (baca sendiri ya detilnya) yang isinya kurang lebih: STCK dan TCNKB diberikan oleh POLRI kepada BADAN USAHA dibidang penjualan, pembuatan, perakitan dan atau impor KB. Jadi pemilik kendaraan pribadi haram hukumnya utk pake plat putih :)

    Pertanyaan berikutnya: Kenapa dealer dan polda setempat mengeluarkan plat2 bantuan tsb. jawabnya: Untuk menghibur konsumen yg udah ngebet mau jalan2 pake Kendaraan barunya … hehehehe….
    Kalo jalan dalem komplek perumahan sih monggo …. tapi kalo turun kejalan raya …. naah… tinggal tunggu apes atau tidaknya …. konangan sama polisi iseng (baca: tegas) tadi itu ….

  4. Klo Kode seri huruf N 1234 XX dan N 1234 YY itu apa? Kata teman klo X = Kredit..artinya kendaraan bermotor masih belum lunas Tp KLo Y = kendaraan sudah dilunasi….mohon penjelasan..krn ada teman saya yang beli motor lunas tapi dapat nomor P ***** XY….Trims.

  5. kalau kaata temen kampus, plat putih itu kredit. dan yang item itu lunas. adegku beli vario lunas platya item, dan tetanggaku ada yang beli kredit platnya putih

    • dulu pernah ada idiom kayak gitu, ternyata yang betul itu, nopol putih itu nopol bantuan alias sementara sambil nunggu plat hitam/aslinya jadi….gitu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s